Pembuatan Sistem E-Commerce berbasis website

0
06.03
Tujuan
  1. Merancang suatu website dimana pelanggan dapat melakukan pemesanan secara online.
  2. Staff admin dapat melakukan proses penjualan dengan lebih mudah  dan cepat dari data yang sudah ada.
  3. Staff admin perusahanaan Griya Unik Wanita dapat melihat laporan-laporan seperti laporan daftar penjualan setiap hari


Perumusan Masalah
Bagaimana menerapkan Aplikasi E-Commerce pada Usaha Rumahan Griya Unik Wanita, sehingga dapat memudahkan Perusahaan dan menjual produk tersebut.

Batasan Masalah
  1. Sistem ini membahas pemesanan dan penjualan barang berbasis website
  2. Memberikan pelayanan kepada pelanggan atau member, dalam pemesanan produk.
  3. Menyediakan 2 metode transaksi pembayaran, yakni : dengan cara transfer, COD (cash on delivery) dan kartu kredit.

Perancangan Sistem
Pada tahap ini dilakukan perancangan system yang baru pelilihan alternative system adalah sebagai berikut:
1.       Pendaftaran member dan proses memperbaharui data member yang diperoleh dan disimpan di database member.
2.       Memperbaharui pemesanan produk yang disimpan didatabase.
3.       Menambah data pembayaran transfer yang disimpan didatabase transaksi dan pembayaran kartu kredit yg diperoleh dari database kartu disimpan didatabase transaksi


Implementasi Sistem
Pada E-Commerce Penjualan online ini produk yang akan diperjual belikan dilakukan secara Online, dengan terlebih dahulu memilih kategori produk yang akan dipesan kemudian pilih produk yag akan dipesan, tetapi sebelumnya costumer website haruslah melakukan registrasi terlebih dahulu apabila ingin melakukan pemesanan produk.
Pada halaman registrasi ini dibuat untuk mengisi data-data pengunjung seperti nama, alamat, telp, email, dan sebagainya yang nantinya akan menjadi acuan biodata costumer yang dijadilan subjek saat costumer melakukan pemesanan produk ataupun mengisi forum Tanya jawab pada website tersebut.
Sedangkan pada halaman guestbook ini setiap costumer dapat mengisi forum tersebut yang berisi komentar maupun saran pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan website ini
Setelah melakukan registrasi dan memilih produk yang akan dipesan costumer akan masuk ke halaman yang akan mengakumulasikan harga pemesanan setiap produk yang telah dipesan, contohnya mengenai penambahan produk dan penambahan item per produk.
Kemudian jika sudah selesai maka akan masuk ke halaman system pembayaran. Dihalaman ini costumer diharuskan memilih mengenai tipe pembayaran yang akan dilakukan ada system transfer dan ada system COD (Cash On Delivery)


  • Struktur navigasi user Interface



  • Flowchart system member






  • DFD pendaftaran member





  •  DFD pemesanan Produk





  • DFD pembayaran






  • ERD system penjualan Online



Sumber :

Skripsi - Implentasi Sistem Penjualan Online, https://www.academia.edu/8390383/SKRIPSI_IMPLEMENTASI_SISTEM_PENJUALAN_ONLINE_BERBASIS_E-Commerce_PADA_USAHA_RUMAHAN_GRIYA_UNIK_WANITA_OLEH_IYAS_204091002536_PROGRAM_STUDI_TEKNIK_INFORMATIKA_FAKULTAS_SAINS_DAN_TEKNOLOGI_UNIVERSITAS_ISLAM_NEGERI_SYARIF_HIDAYATULLAH_JAKARTA_JAKARTA

About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

matrix