Definisi DB2

0
21.44
Apakah DB2 itu ?
DB2 merupakan relational database management system (RDBMS) yang memungkinkan pemakai melakukan CREATE, UPDATE dan CONTROL terhadap basis data relasional dengan menggunakan Structured Query Language (SQL). DB2 didisain untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam bisnis berskala kecil maupun besar. DB2 dapat dijalankan pada bermacam-macam platform termasuk sistem mainframe seperti MVS/ESA, VM, dan VSE; sistem midrange seperti OS/400, AIX, dan sistem yang berbasiskan UNIX lainnya; dan sistem tunggal atau yang berbasiskan LAN seperti OS/2, Windows, dan Linux Data diatur oleh DB2 database server yang dapat diakses dan dimanipulasi oleh aplikasi pada PC workstations yang berjalan dalam sistem operasi terkenal seperti OS/2, DOS, Windows, Linux dan dengan aplikasi yang dikembangkan untuk UNIX workstations dari IBM, HP, dan SUN. Aplikasi tersebut untuk menunjang client dan server platform yang akan ditambahkan di masa yang akan datang.

DB2 merupakan suatu sistem terbuka. Selain untuk client platform yang disediakan oleh IBM, semua basis data yang ada dalam DB2 server dapat diakses dari beberapa produk yang menunjang protokol Distributed Relational Architecture (DRDA). Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi kebutuhan komponen tambahan dan gateway yang mahal.
IBM juga menyediakan fasilitas untuk mengakses RDBMS lainnya yang menggunakan server aplikasi DRDA yang spesifik. Fasilitas ini disebut Distributed Database Connection Services (DDCS). Selain fungsi manejemen data, DB2 juga memiliki alat yang mengijinkan pemakai membuat bermacam-macam aplikasi untuk mengakses dan bekerja dengan data. Juga untuk mengembangkan aplikasi dari multimedia dan object-oriented.

About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

matrix